COOL Salendro 1

Tuesday, March 04, 2008

MENJADI ORANG BENAR

Kejadian 6:9

Tahun ini adalah momentumnya Tuhan, di mana tahun ini akan menjadi tahun dimana Tuhan menggenapkan janji-janjiNya kepada kita semua. Pesan Tuhan secara khusus melalui Gembala Pembina menyatakan bahwa tahun ini akan terjadi pelimpahan berkat dari orang-orang berdosa / orang Fasik kepda orang benar. ( Amsal 13:22 ). Kita tidak perlu mempertanyakan bagaimana hal itu akan terjadi, namun sebaiknya kita lebih berfokus kepada diri kita, apakah kita telah menjadi orang benar? Salah seorang benar di dalam Alkitab adalah Nuh, dikatakan dalam Firman Nuh tidak memiliki cela di dalam kelakuannya dan ia hidup bergaul dengan Tuhan. Sebuah standar yang tinggi, namun demikianlah Firman mendeskripsikan bagaimana seseorang yang benar di mataNya, dan kita harus memenuhi standar tersebut. Untuk mengetahui apakah kita telah menjadi "orang benar", kita harus mengetahui seperti apakah "orang benar" menurut Firman Tuhan

  1. Di zaman sekarang ini, kejujuran adalah sebuah hal yang langka. Bukan saja yang menyakut akan uang, dimana sekarang pun banyak orang tergoda untuk menerima suap dan korupsi, namun juga kejujuran terhadap diri sendiri. Tuhan melihat hati kita, oleh karena itu kita harus terbiasa jujur di hadapanNya, merendahkan diri kita dan tidak berusaha menyembunyikan sesuatu dari Tuhan.

  2. Kekerasan bukanlah sesuatu yang Tuhan suka, bahkan itu sangat bertentangan dengan kasihNya. Oleh karena itu untuk menjadi orang benar, kita harus menjauhkan diri kita dari segala bentuk kekerasan, baik secara fisik maupun mental. Orang benar adalah orang yang tidak dikuasai oleh emosi, amarah yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kekerasan dan menyebabkan kita kehilangan kendali atas diri kita dan mulut kita.

  3. Makna lain dari Firman ini adalah juga mengampuni. Oleh karena itu kita harus menggiatkan diri kita untuk bermurah hati, mengasihi dan mengampuni. Seringkali bermurah hati dikaitkan dengan kapasitas atau kemampuan keuangan kita, padahal untuk bermurah kita bisa berikan banyak hal bagi orang lain selain dari hanya materi.

Deskripsi lain dari orang benar bisa kita lihat juga dari Yehezkiel 18:5-9.

PENUTUP

Mazmur 27:17, 25 dan 29 mengatakan kepada kita bahwa orang benar akan ditopang Tuhan, tidak ditinggalkan Tuhan dan hidup di dalam keadaan tidak berkekurangan. Menjadi orang benar harus disertai dengan kesetiaan di dalam menjalankannya, sehingga janji Tuhan untuk kita di dalam Yohanes 10:10 dapat digenapi. Amen!

4 comments:

Good teaching today, Dave.

nancy said...
Tuesday, 11 March, 2008  
This comment has been removed by the author.
David Hotary P said...
Tuesday, 11 March, 2008  

Tx Bu, sebetulnya itu bahan Cell group kita di GBI Sukawarna, saya tambahkan beberapa bagian saja untuk melengkapi. Gbu

David Hotary P said...
Tuesday, 11 March, 2008  

kadang2 orang memang suka ga sadar sama apa yg mereka perbuat..

anastasianani said...
Friday, 14 March, 2008  

Post a Comment