Jangan Pakai Kekuatan Sendiri

Tuesday, May 29, 2007

Bacaan : Yeremia 17:5



Sebagai orang percaya, seluruh aspek kehidupan kita harus kita percayakan kepada Tuhan sepenuhnya. Mengapa? Karena kita adalah milik Dia, orang-orang yang telah dipilihNya sebelum dunia dijadikan. ( Efesus 1 :4-6 ) Oleh karena itu Ia memiliki tujuan atas kehidupan kita. Kita tidak bisa lagi mencoba mengatur kehidupan ini dengan cara kita atau dengan kekuatan kita. Bahkan dengan jelas di Yeremia dikatakan bagaimana Tuhan akan mengutuk mereka yang mengandalkan kekuatannya sendiri. Semuanya harus bergantung kepada Tuhan dan dikembalikan bagi kemuliaan namaTuhan. (Roma 11:36)

Beberapa orang percaya sering terjebak kedalam pemikiran bahwa manusia haruslah berusaha, bukankah kita diberikan akal dan pikiran supaya kita dapat berpikir dan bertindak? Pemikiran seperti ini sangatlah salah, karena seperti yang tertulis di dalam Roma 11:36, bahkan akal dan pikiran kita pun harus kita persembahkan bagi kemuliaan nama Tuhan.

Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita untuk dapat memahami bagaimana orang yang tidak mengandalkan kekuatannya sendiri itu.

Yeremia 17:7-8 : Dia mengandalkan Tuhan, akibatnya :
Hidupnya diberkati
Karena Tuhan adalah sumber segala sesuatu, dengan mengandalkan Dia, berarti kita melekat kepada Sang Pokok Anggur, kita tidak akan pernah berkekurangan.
Hidupnya tidak ada kekhawatiran, tidak panic dan tidak terburu-buru.
Yang diperbuatnya selalu berhasil

Mazmur 1:1-3 : Dia hidup di dalam Firman Tuhan, artinya:
Dia menjaga pergaulan hidupnya.
Karena pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik. (1 Korintus 15:33)
Dia menjauhkan diri dari para pencemooh (penggosip, pembual, orang sombong)
Dia senantiasa merenungkan Firman Tuhan dan melakukannya dalam hidup.

Markus 12:30 : Dia mengasihi Tuhan dengan segenap hati.
Orang yang mengandalkan Tuhan, Ia akan memprioritaskan Tuhan dibandingkan apapun. Dan oleh karena itulah ia akan melihat hidupnya penuh dengan mujizat dan pertolongan. Bahkan apa yang tak pernah dipikirkan di hati kita Tuhan sediakan bagi mereka yang mengasihiNya. (1 Korintus 2:9)


PENUTUP

Kuatkan dan teguhkanlah hati kita. Setia dan taatlah kepada Firman Tuhan. Bertindaklah hati-hati dan mintalah senantiasa pimpinan Roh Kudus sehingga kita tidak tergoda untuk mengandalkan pikiran kita. Perkatakanlah Firman Tuhan dan lakukanlah di dalam kehidupan kita, sehingga kita senantiasa berhasil. Amin.



COOL Salendro 1

Posted by David Hotary P at 5/29/2007 11:23:00 PM

0 comments:

Post a Comment