C O O L – SALENDRO 1 SELASA 8 April 2008

Tuesday, April 22, 2008

PILIHAN ADA PADA ANDA (UNTUK PERCAYA JANJINYA ATAU TIDAK)

Ulangan 1:21

Perjalanan bangsa Israel keluar dari Mesir menuju ke tanah perjanjian adalah sebuah gambaran mengenai perjalanan kita manusia menuju ke kehidupan yang kekal. Ketika Tuhan membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, Tuhan menjanjikan akan membawa mereka ke sebuah negeri yang berlimpah susu dan madunya, yaitu tanah Kanaan. Namun kesepuluh pengintai yang Tuhan kirimkan untuk melihat keadaan negeri itu memilih untuk tidak mempercayai Janji Tuhan, sedangkan dua pengintai yang lain ( Yosua dan Kaleb ) memilih untuk percaya akan apa yang telah Tuhan janjikan mengenai tanah perjanjian itu. Dua sikap ini mewakili keadaan orang Kristen pada umumnya di saat ini. Ada yang meragukan dan ada yang percaya terhadap Janji Tuhan. Tentunya kita harus seperti Kaleb dan Yosua, yang tidak percaya kepada apa yang dilihat oleh mata jasmani, melainkan percaya kepada apa yang belum dilihat oleh mata jasmani. Tariklah pelajaran dari sikap Yosua dan Kaleb, yaitu :

  1. Kaleb dan Yosua tidak memberikan tempat bagi keraguan di dalam hati mereka, mereka percaya penuh kepada apa yang telah Tuhan janjikan sebab janjiNya adalah Ya dan Amin, dan Ia tidak pernah berdusta kepada manusia. ( Bilangan 23:19 ) Kita pun juga harus demikian, setiap janji Tuhan atas kita terdapat di dalam FirmanNya.

  2. Setiap janji Tuhan mengandung kebaikan dan berkat bagi kita. Bagian Tuhan adalah untuk memberkati kita, sedangkan bagian kita adalah untuk menerima berkat itu. Jadi jika kita memilih untuk mempercayai janjiNya, sebetulnya kita mempercayai sesuatu yang baik bagi kita. Seharusnya hal ini menjadi mudah, namun seringkali kita jatuh karena apa yang dilihat oleh mata jasmani kita berbeda dengan apa yang dijanjikanNya dan dengan cepat kita jatuh kedalam keraguan dan ketidak percayaan.

  3. Kesepuluh pengintai dikuasai oleh roh ketakutan. Hal itu yang membuat mereka tidak bisa melihat apa yang akan Tuhan berikan / apa yang Tuhan janjikan. ( Bilangan 13:32-33 ) Itu juga yang membutakan mereka sehingga mereka menjadi lupa status mereka dihadapan Tuhan, yaitu bangsa pilihanNya dan mau menerima intimidasi iblis yang mengatakan bahwa mereka hanyalah seperti belalang. Kaleb dan Yosua memiliki miltansi yang luar biasa. Yang mereka pegang hanyalah janjiNya dan mereka focus pada itu. Di tahun 2008 ini roh ketakutan juga bekerja untuk menyerang setiap orang percaya memalui kondisi perekonomian yang tidak menentu, becana alam, dan lain-lain. Tapi percayailah Firman Tuhan yang mengatakan bahwa Tuhan menyertai kita dan Ia bekerja lewat segala perkara untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka uang mengasihiNya.

PENUTUP

Kita bukanlah orang yang kalah, tetapi umat pemenang. Kalau Tuhan berada di pihak kita siapa yang bisa melawan kita? Oleh karena itu peganglah denga teguh setiap janjiNya, janganlah buka peluang bagi keraguan, kekhawatiran dan kebingungan untuk masuk ke dalam pikiran kita. Isilah senantiasa dengan Firman Tuhan. Amin


 


 

0 comments:

Post a Comment