COOL 28 AGUSTUS

Tuesday, August 28, 2007

KELIMPAHAN - Yohanes 10:10

Keadaan kelimpahan . berlimpah sama artinya dengan keadaan kehidupan yang "berlebih". Dari Firman di atas dengan jelas kita dapat mengerti bahwa Tuhan Yesus datang di dalam kehidupan seseorang untuk memberikan kehidupan yang berlebih dalam segala hal.

Kelimpahan di dalam segala hal ini meliputi kelimpahan jasmani dan kelimpahan rohani. Apakah artinya kelimpahan ini?

  1. Kelimpahan Jasmani

    Artinya kita dalam keadaan berlebihan secara jasmani, sehingga kita akan lebih mudah untuk menjadi berkat bagi orang lain dengan member bagi mereka yang membutuhkan. Kalau kita berkekurangan akan menjadi sulit bagi kita untuk memberi. Hal yang diberi tidak berarti harus berupa uang, karena kebutuhan manusia tidak hanya berupa uang, mungkin berupa barang yang memang oleh karena berkat Tuhan kita memiliki lebih dalam perbendaharaan kita. Contoh: Saat orang lain sedang dirundung masalah kekurangan, kita tidak perlu menghakiminya bahwa kekurangan itu disebabkan karena dosa, melainkan membantunya dalam kebutuhannya. Kalau memang Tuhan memberikan kelimpahan bagi kita di dalam sesuatu yang menjadi kebutuhan di orang lain, itulah saatnya kita menjadi berkat.

  2. Kelimpahan Rohani

    Keadaan rohani setiap orang bisa berbeda-beda. Firman Tuhan pun dengan jelas mengatakan bahwa setiap orang memiliki kedewasaan rohani yang berbeda-beda. Seseorang yang telah dewasa rohani pun suatu saat bisa saja di dalam kondisi yang kering dan kurang urapan yang menyebabkan dia membutuhkan dorongan atau bantuan untuk bisa keluar dari permasalahannya. Di saat seperti itulah, mereka yang berada di dalam kondisi rohani yang lebih baik / berlimpah memberikan dorongan dan peneguhan, membawa orang tersebut untuk melihat jalan keluar dari permasalahannya. Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita anak-anak Tuhan untuk berada di dalam suatu persekutuan yang erat dengan saudara-saudari seiman.

Pada intinya, Tuhan datang karena ia rindu untuk memberkati kita, namun itu tidak berhenti di situ, karena kerinduan Tuhan yang berikutnya adalah melihat berkatNya itu mengalir bagi orang banyak, sehingga banyak orang yang diberkati dan memuji nama Tuhan. Dan berkatNya itu begitu besar sehingga menyangkut tidak hanya perkara materi saja, namun perkara rohani. Namun jika kita berkelimpahan secara rohani atau jasmani atau bahkan keduanya tetapi tidak membaginya untuk sesama kita, bagaimana kita bisa menjadikan berkat kita sebagai kemuliaan Tuhan?

PENUTUP

Kelimpahan adalah bagian kita, itu adalah maksud kedatangan Tuhan, asalkan kita hidup di dalam Firman Tuhan dan konsisten melakukannya. Dan tujuan dari kelimpahan itu adalah agar kita semakin lagi bisa memberi dan menjadi berkat bagi sesama kita. Semakin kita member maka semakin kita akan berkelimpahan. Amin


Posted by David Hotary P at 8/28/2007 09:49:00 PM

0 comments:

Post a Comment